makalah psikologi pendidikan by aldo
MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
NAMA : ALDOFID
E. NENOHAY
KELAS : A
NIM : 01.2017.0001
SEKOLAH
TINGGI AGAMA KRISTEN NEGERI KUPANG
TAHUN
AKADEMIK 2017/2018
KATA
PENGANTAR
Puji dan
syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa kerena atas pernyatannya saya
di beri kesempatan untuk mengetik dan menulis aspek-aspek perkembagan peserta
didik usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) 12/13-15 tahun.
Tulisan ini
memang masih jauh dari yang sempurna karena keterbatasan penyusun, tetapi
penyusun ingin mempersembahkan kapada Ibu
Merita F. Naisanu S. si, M. siuntuk memberikan saran dan kritiknya. Tidak
lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut mendukung saya
dalam pembuatan makalah ini.
Penyusun
Aldofid
E. Nenohay
DAFTAR ISI
Kata pengantar………………………………………………………………………..
Daftar isi………………………………………………………………………………
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang……………………………………………………………………
B. Rumusan masalah…………………………………………………………………
C. Tujuan………………………………………………………………………………
BAB
II PEMBAHASAN
1.1 Aspek-Aspek perkembangan peserta didik……………………………………….
a. aspek fisik
b. aspek kognitif
c.
aspek psikososial
1.2 Karakteristik Anak Usia Sekolah Menengah (SMP)…………………………….
1.3 Aspek-aspek peserta didik menurut para Ahli……………………………………
BAB
III KESIMPULAN
2.1 Penutup……………………………………………………………………………
2.2 Saran………………………………………………………………………………
Daftar
Pustaka
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Perkembangan
peserta didik adalah mata kuliah yang mempelajari aspek-aspek perkembagan
individu yang berbeda pada tahap usia sekolah dasar dan sekolah menengah. Maka
mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru tentang perkembangan
peserta didik, sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai
dengan tingkat perkembangan siswa yang dihadapinya.
B. Rumusan
masalah
1.
Bagaiman
kita mengetahui tentang perkembangan peserta didik?
2.
Bagaiman
mengatasi perkembangan dari peserta didik?
3.
apa
yang dilakukan oleh seorang guru untuk mempelajari perkembangan peserta didik?
C. Tujuan
Tujuan dari Buku “Psikologi Perkembangan Peserta Didik
dari Dra. Desmita, M. Si.” Ialah yang membantu agar setiap Orang tua, Guru
memahami, mengetahui, dan mengenali perkembangan, pertumbuhan dari anak-anak
atau peserta didik dalam tingkat SD, SMP, SMA dll.
BAB II
PEMBAHASAN
1.1 Aspek-aspek
perkembangan peserta didik
a. Perkembangan
aspek fisik
Perkembangan
fisik atau yang biasa disebut juga pertumbuhan biologis (biological growth) meliputi perubahan-perubahan dalam tubuh
(seperti: pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi,pertambahan
tinggi dan berat, hormon, dll).
b. Perkembangan
aspek kognitif
perkembangankognitif adalah
salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pergertian
(pengetahuan), yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana
individu mempelajari dan memikirkan lingkuangannya. Perkembangan kognitif ini
meliputi perubahan pada aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi,
pemikiran, inagatan keterampilan berbahasa.
c. Perkembangan
aspek psikososial
Perkembangan psikososial adalah proses perubahan kemampuan peserta didik
untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang lebih luas.
1.2 Karakteristik
Anak Usia Menengah (SMP)
Dilihat dari tahapan perkembangan yang disetujui oleh banyak ahli, anak
usia menengah (SMP) berada dalam tahap perkembangan pubertas (10-14 tahun).
Terdapat sejumalah karakteristik yang menonjol pada anak usia SMP ini, yaitu:
1.
Terjadi
ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan.
2.
Mulai
timbul ciri-ciri seks sekunder.
3.
Kecenderungan
ambivalensi, antara keinginan menyendiri dengan keinginan bergaul, serta
keinginan untuk bebas dari dominasi dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari
orangtua.
4.
Senang
membandingkan kaedah-kaedah, nilai-nilai etika atau norma dengan kenyataan yang
terjadi dalam kehidupan orang dewasa
5.
Mulai
mempertanyakan secara skeptis mengenai eksistensi dan sifat kemurahan dan
keadilan Tuhan.
6.
Reaksi
dan ekspresi emosi masih labil.
7.
Mulai
mengembangkan standar dan harapan terhadap perilaku diri sendiri yang sesuai
dengan dunia sosial.
8.
Kecenderungan
minat dan pilihan kerer relatif lebih jelas.
Adanya karakteristik anak usia
sekoalah menengah yang demikian, maka guru diharapkan untuk:
1.
Menerapkan
model pembelajaran yang memisahkan siswa pria dan wanita ketika membahas
topik-topik yang berkenan dengan anatomi dan fisiologi.
2.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan hobi dan minatnya melalui kegitan-kegiatan
yang positif.
3.
Menerapkan
pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual atau kelompok
kecil.
4.
Menigkatkan
kerja sama dengan orangtua dan masyarakat untuk mengembangkan potensi siswa.
5.
Tampil
menjadi teladan yang baik bagi siswa.
6.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk belajar bertanggung jawab.
BAB III
KASIMPULAN
2.1 Penutup
Sebagaimana
dijelaskan didalam materi tentang perkembangan peserta didik dalam usia sekolah
menengah merupakan salah satu aspek potensi yang perlu dilihat dan diamati dari
guru, orangtua untuk melihat perkembangan dari peserta didik, agar jika
perkembangan dari peserta didik atau anak terlihat baik maka guru atau orangtua
mendukung, mensuport dari perkembangan peserta didik tersebut tetapi sebaliknya
jika peserta didik atau anak perkembangannya terlihat buruk maka sebagai
seorang guru dan orangtua yang mempunyai tanggung jawab untuk mengarahkan dan
mendorong peserta didik atau anak kearah yang lebih baik.
2.2
Saran
Saran dari saya sebagai seorang pribadi, yang berada
dalam masa pubertas menengah atau dalam masa perkembangan usia sekolah menengah
ialah bahwa pada masa ini anak atau peserta didik masih memiliki sifat yang
labil atau yang biasa disebut dengan masa puber utama yang rentang terhadap
berbagai tingkah untuk pengenalan diri, dan mulai untuk proses berpacaran
(cinta monyet) jadi sebagai seorang guru atau orangtua patut untuk mendekati,
mengajak untuk berkomunikasi agar anak atau peserta didik dapat mendapat
masukan, saran yang baik agar menjadi suatu jalan, petunjuk untuk anak atau
peserta didik agar menjadi suatu timbangan yang baik.
Daftar Pustaka
Adams, G.R, & Gullota, T., (1983). Adolescent of Experiences, California:
Wadsworth, Inc., Belmont, 1983.
Alesker, F.D., &flammer, A. (1999). The
Adolescent Experiences: European and
American Adolescent in the 1990s, Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.
Komentar
Posting Komentar